RPP Pertemuan 1-3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   ………………………

Mata Pelajaran              :   Matematika Kelas

Semester                           :   VI/1

Pertemuan Ke-             :   1-3

Alokasi Waktu              :   6 x 35 menit

1. Standar Kompetensi

    Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

2. Kompetensi Dasar

     Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK

3. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Melakukan pekerjaan hitung campuran
  • Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

 Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

4. Materi Ajar

Operasi Hitung Bilangan  Bulat

  • Sifat-Sifat Operasi Hitung
  • Pengerjaan Hitung Campuran
  • Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK

5. Metode Pembelajaran

Games, Diskusi

6. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1

  • Kegiatan Awal

–      Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.

  • Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan bulat.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

Melakukan percobaan dan observasi dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 2

  • Kegiatan Awal

–      Motivasi dan apersepsi

  • Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 3

  • Kegiatan Awal

–      Memberikan motivasi.

–      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.

  • Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.

Merefleksi proses dan hasil belajar.

 7. Alat/Sumber Belajar

  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
  • Matematika SD untuk Kelas VI  6A Esis
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6

8. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Melakukan pekerjaan hitung campuran
  • Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

 

Tugas IndVidu

Laporan buku pekerjaan rumah

 

  • Coba kalian simpulkan definisi bilangan bulat!
  • Tuliskan 3 contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat!
  • Tuliskan kegiatan kalian selama satu hari yang melibatkan bilangan negatif!
  • Carikanlah Faktor Prima Suatu Bilangan
  • 4.655 + 3.561 = ….
  • 454 x 235 = …

 

 

Format Kriteria Penilaian

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

One thought on “RPP Pertemuan 1-3

  1. Ping-balik: RPP « Rumah Pintar Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s