RPP Pertemuan 4-6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   ………………………

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/Semester                  :   VI/1

Pertemuan Ke-                  :  4-6

Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit

1. Standar Kompetensi

Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

2. Kompetensi Dasar

1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik

3. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • mengenal bilangan kubik,
  • menentukan akar pangkat 3 pada bilangan kubik.

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

4. Materi Ajar

Operasi Hitung Bilangan  Bulat

  • Akar Pangkat Tiga
  • Arti pangkat tiga suatu bilangan
  • Mencari hasil pangkat tiga suatu bilangan

5. Metode Pembelajaran

ceramah, diskusi, dan latihan

6. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-3

  • Kegiatan Awal

–      Memberikan motivasi.

–      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.

  • Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

1. Menjelaskan teori bilangan kubik dan memberikan contoh perhitungannya.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

1. Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.

2. Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan bilangan kubik.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

1. Menyimpulkan materi

2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

3. Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

7. Alat/Bahan/Sumber Belajar

  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
  • Matematika SD untuk Kelas VI  6A Esis
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6

8. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkar tiga suatu bilangan

 

Tes

essay

  • 163 = … x … x … = ….
  •  ….

 

 

9. Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s