RPP 10 – 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   ………………………

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/Semester                  :   VI/1

Pertemuan Ke-                  :   10 – 13

Alokasi Waktu                   :   8 x 35 menit

Standar Kompetensi     

2.  Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar

2.1  Mengenal satuan debit

 

Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Mengenal satuan debit
  • Menentukan hubungan antarsatuan: waktu, volum, kecepatan, dan debit
  • Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan debit.

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect ),  Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

Materi Ajar

Pengukuran

Metode Pembelajaran

Percobaan, observasi, dan latihan

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-4

  • Kegiatan Awal

–      Memberikan motivasi.

–      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

Mengenal satuan debit

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

Melakukan percobaan dan observasi terhadap air keran yang masuk pada tabung ukur, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat mengenal dan menentukan satuan debit

Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&   Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

Menyimpulkan materi

Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Alat/Bahan/Sumber Belajar

  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
  • Matematika SD untuk Kelas VI  6A Esis
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
  • Keran
  • Air
  • Tabung ukur

Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menghitung hubungan jam, menit dan detik
Tes

 

performance, kinerja dan lembar soal
  • Jika volum sebuah tabung 3.850 m3 dapat terisi penuh oleh air selama 70 menit. Berapakah debit airnya?
  • dst.

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s