RPP 7 – 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   ………………………

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/Semester                  :   VI/1

Pertemuan Ke-                  :   7 – 9

Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit

 Standar Kompetensi         

Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar

Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat tiga.

 Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
  • Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Ajar

Operasi Hitung Bilangan  Bulat

Akar Pangkat Tiga

  • Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

Metode Pembelajaran

percobaan, diskusi, dan latihan

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-3

  • Kegiatan Awal

–      Memberikan motivasi.

–      Menjelaskan kembali akar pangkat dua yang telah dipelajari sebelumnya.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat tiga..

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

Melakukan percobaan terhadap angka-angka dengan perhitungan akar pangkat tiga.

Membuat contoh soal akar pangkat tiga kemudian ditukar dengan temannya dan dibahas di depan kelas.

Melakukan kuis beradu cepat mengerjakan soal akar pangkat tiga.

&   Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

Menyimpulkan materi

Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Alat/Bahan/Sumber Belajar

  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
  • Matematika SD untuk Kelas VI  6A Esis
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6

Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menghitung operasi pada bilangan berpangkat
Tes

essay

  • 163 + 123 = ….
  • 283 : 73 = ….
  • dst.

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s